Blog

Produk Kreatif dan Kewirausahaan – Proses Kerja Pembuatan Prototype Produk Barang/Jasa (Konsultan Pajak)

Produk Kreatif dan Kewirausahaan – Proses Kerja Pembuatan Prototype Produk Barang/Jasa (Konsultan Pajak)

3.8       Menerapkan proses kerja pembuatan prototype produk barang/jasa

4.8       Membuat prototype  produk barang /jasa

 

 

PENGERTIAN UNIT PRODUKSI

Unit produksi adalah suatu proses kegiatan usaha yang dilakukan sekolah/madrasah secara berkesinambungan bersifat akademis, dan bisnis dengan memberdayakan warga sekolah/madrasah dan lingkungan dalam bentuk unit usaha produksi/jasa yang dikelola secara profesional (PMPTK DEPDIKNAS, 2007).

Berdasarkan pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa unit produksi yang diselenggarakan di sekolah adalah pembelajaran yang berbasis industri yang dapat membina peserta didik dalam hal ketrampilan kejuruan, pengelolaan unit usaha yang bersifat bisnis dan sebagai tempat praktik secara langsung dalam bidang-bidang pekerjaan. Unit produksi sekolah digunakan sebagai sarana untuk mengimplementasikan atau menerapkan teori yang telah diajarkan secara nyata karena dengan praktik langsung akan mempermudah untuk menguasai teori dan sebaliknya praktik dapat berjalan dengan efektif apabila telah mengetahui atau memahami teorinya.

Hal tersebut sejalan dengan pendapat Finch dan Crunkilton (1999: 11) yang menyatakan: “Learning and personal growth do not take place strictly within the confines of classroom or labolatory. Student develop skills and competence through avariety of learning activities and experiences that may not necessarily be counted as constructive credit for graduation”. Pernyataan tersebut dapat dimaknai bahwa belajar dan pengembangan kepribadian tidak hanya sebatas di dalam kelas atau labolatorium. Peserta didik dapat mengembangkan kemampuannya melalui berbagai aktivitas pembelajaran dan pengalaman.

 



TUJUAN DILAKSANAKANNYA UNIT PRODUKSI

Berdasarkan buku Manajemen Unit Produksi/Jasa Sebagai Sumber Belajar Siswa (2007) tujuan penyelenggaraan unit produksi dan jasa di sekolah adalah:

  • Wahana pelatihan berbasis produksi atau jasa bagi siswa
  • Wahana menumbuhkan dan mengembangkan jiwa wirausaha guru dan siswa
  • Sarana praktik secara langsung bagi siswa
  • Membantu pendanaan untuk memelihara penambahan fasilitas dan biaya-biayaoperasional pendidikan lainnya
  • Menambah semangat kebersamaan karena dapat menjadi wahana peningkatanaktivitas produktif guru dan siswa serta memberikan income serta peningkatankesejahteraan warga sekolah.
  • Mengembangkan sikap mandiri dan percaya diri dalam pelaksanaan kegiatanpraktik siswa.

Meninjau dari tujuan diselenggarakan unit produksi di atas maka dapat disimpulkan bahwa unit usaha memiliki keseimbangan antara aspek komersial dan aspek akademik yang diselenggarakan dalam lingkup organisasi sekolah dengan memanfaatkan fasilitas yang dimiliki sekolah. Selain itu sebagai sumber belajar siswa dan sumber pendanaan pendidikan di sekolah. Karena unit produksi menyangkut aspek komersial dan akademik maka diperlukan pengelolaan yang professional.

 

PENGERTIAN KONSULTAN PAJAK

Konsultan pajak adalah orang yang memberikan jasa konsultasi perpajakan kepada Wajib Pajak dalam rangka melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan.

Sistem perpajakan di Indonesia yang menganut sistem self assessment pada saat ini memang sedikit memudahkan para wajib pajak untuk menangani sendiri kewajiban perpajakannya. Namun, hal tersebut memiliki konsekuensi yang besar dikarenakan wajib pajak biasanya lebih fokus pada keuntungan serta kegiatan bisnisnya daripada memperhatikan aturan-aturan hukum dan administrasi perpajakan.

Saat ini banyak masyarakat yang telah sadar untuk taat dalam membayar dan melaporkan pajaknya. Masyarakat menjadi memiliki kewajiban untuk membayar pajak ke negara sesuai dengan aturan pemerintah.

Tidak heran banyak dari wajib pajak badan usaha maupun wajib pajak orang pribadi yang memilih untuk menggunakan konsultan pajak sehingga permasalahan perpajakan mereka ada yang menanganinya dan mereka cukup dengan membayar fee dan menyerahkan data serta berkonsultasi saja tanpa harus pusing dan ribet.

Manfaat menggunakan jasa tersebut antara lain adalah lebih efisien karena dapat meminimalkan kesalahan ataupun risiko dalam bidang perpajakan. Wajib pajak badan usaha maupun wajib pajak orang pribadi juga tidak dibebani dengan urusan administratif perpajakan. Misalnya, dengan membuat laporan sampai pelaporannya karena semua sudah ditanganinya.

Ketika klien dihadapkan pada pemeriksaan, mereka juga tidaklah harus pusing, mereka juga akan lebih aman karena didampingi oleh orang yang lebih berpengalaman serta lebih memahami tentang prosedur pemeriksaan dan mengantisipasi kesalahan yang akan terjadi.

Konsultan pajak yang sebenarnya itu adalah yang memiliki lisensi atau surat izin yang sah dari lembaga yang berwenang untuk benar-benar menjadi konsultan pajak yang terdaftar. Ada banyak sekali pekerjaan dari konsultan pajak yang mengharuskan bekerja secara profesional (seperti salah satunya adalah melindungi data kliennya), maka dari itu mereka harus menjadi lembaga yang legal dalam menawarkan jasanya. Beberapa kewajibannya adalah:

Jasa Kepatuhan Pajak

Para konsultan pajak memiliki kewajiban untuk mematuhi hal-hal terkait pajak yang dibebankan kepada klien. Konsultan akan melakukan tugas apa saja untuk kliennya seperti perhitungan pajak klien, pembayaran pajak sampai pada pelaporan pajaknya.

Jasa Perencanaan Pajak

Jasa ini mencakup pemberian bantuan bagi klien, dan mengoptimalkan keuntungan bagi klien.

Jasa Periksa Laporan Pajak

Konsultan akan memberikan layanan bantuan bagi kliennya untuk menekan pajak yang harus ditanggung kliennya, konsultan juga akan melakukan evaluasi data terkait dengan munculnya beban pajak yang dirasa tidak menguntungkan perusahaan.

Jasa Pendampingan dalam Pemeriksaan

Konsultan pajak memiliki tanggung jawab untuk mewakili ataupun mendampingi klien disaat adanya pemeriksaan pajak. Hal ini dilakukan dikarenakan kliennya yang dirasa kurang memahami permasalahan-permasalahan perpajakan. Selain itu, juga bertugas untuk menyiapkan data-data maupun dokumen yang dibutuhkan dalam pemeriksaan.

Jasa Konsultasi

Para klien bebas boleh mengkonsultasikan permasalahan perpajakannya kepada konsultan pajak mereka.

Jasa Restitusi Pajak

Jika klien membutuhkan restitusi (pengembalian kelebihan pembayaran pajak) maka harus membantu dalam pelaksanaannya, dari mulai persiapan data, penyampaian restitusi, pemeriksaan sampai pada proses akhir dari restitusi itu sendiri.

Jasa Penyelesaian Sengketa Pajak

Memberikan layanan ini kepada klientnya. Layanan seperti ini dilakukan saat klient mengajukan banding, keberatan pajak, dan lainnya.

Setelah mengetahui tugas dan tanggung jawabnya, maka mari bahas sedikit mengenai tarif yang wajar dibayarkan. Dalam memilih konsultan pajak, wajib pajak badan usaha maupun wajib pajak orang pribadi harus memilihnya dengan benar. Konsultan pajak yang sudah memiliki izin pastinya akan memberikan tarif yang lebih besar dibandingkan mereka yang masih belum memiliki izin.

Besarnya tarif sangat bervariasi tergantung pada jenis pelayanan yang dibutuhkan oleh kliennya. Sebuah kantor konsultan pajak bersertifikasi saja bisa mengenakan biaya per jam namun banyak juga yang menggunakan tarif flat, besarnya biaya juga tergantung dari kesepakatan antara klien mengenai berapa besar dan berapa banyak tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan konsultan pajak terhadap kliennya.

 




PROSPEK DAN KELEBIHAN

  • Saat ini, iklan-iklan pemerintah seputar kewajiban pajak mulai gencar dijalankan. Selain mengingatkan para wajib pajak, iklan tersebut mengindikasikan bahwa saat ini, wajib pajak telah merambah sampai pekerja profesional.
  • Penghitungan pajak yang rumit membuat setiap pengusaha mau tak mau menggunakan jasa para konsultan secara rutin.
  • Bisnis ini tergolong bagus karena pekerjaan yang digarap bisa mencapai ratusan juta rupiah. Untuk konsultan pemula saja, penghasilannya bisa mencapai minimum Rp5 juta dengan melayani minimum 5 klien perbulan.

 

PERSYARATAN KONSULTAN PAJAK

Setiap orang perseorangan yang akan menjadi Konsultan Pajak harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia;
  • Bertempat tinggal di Indonesia;
  • Tidak terikat dengan pekerjaan atau jabatan pada Pemerintah/Negara dan/atau Badan Usaha Milik Negara/Daerah;
  • Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari instansi yang berwenang;
  • Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak;
  • Menjadi anggota pada satu Asosiasi Konsultan Pajak yang terdaftar di Direktorat Jenderal Pajak; dan
  • memiliki Sertifikat Konsultan Pajak.

 




HAK DAN KEWAJIBAN KONSULTAN PAJAK

Konsultan Pajak berhak untuk memberikan jasa konsultasi di bidang perpajakan sesuai dengan batasan tingkat keahliannya.

Konsultan Pajak wajib:

  • memberikan jasa konsultasi kepada Wajib Pajak dalammelaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakansesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan;
  • mematuhi kode etik Konsultan Pajak dan berpedoman padastandar profesi Konsultan Pajak yang diterbitkan olehAsosiasi Konsultan Pajak;
  • mengikuti kegiatan pengembangan profesional berkelanjutanyang diselenggarakan atau diakui oleh Asosiasi KonsultanPajak dan memenuhi satuan kredit pengembanganprofesional berkelanjutan;
  • menyampaikan laporan tahunan Konsultan Pajak; dan
  • memberitahukan secara tertulis setiap perubahan padanama dan alamat rumah dan kantor dengan melampirkanbukti perubahan dimaksud.

 

PERSIAPAN USAHA

Sertifikat Konsultan Pajak

Sertifikat Konsultan Pajak sebagai persyaratan untuk menjadi Konsultan Pajak terdiri atas:

  1. Sertifikat Konsultan Pajak tingkat A, yaitu Sertifikat Konsultan Pajak yang menunjukkan tingkat keahlian untuk memberikan jasa di bidang perpajakan kepada Wajib Pajak orang pribadi dalam melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya, kecuali Wajib Pajak yang berdomisili di negara yang mempunyai persetujuan penghindaran pajak berganda dengan Indonesia.
  2. Sertifikat Konsultan Pajak tingkat B, yaitu Sertifikat Konsultan Pajak yang menunjukkan tingkat keahlian untuk memberikan jasa di bidang perpajakan kepada Wajib Pajak orang pribadi dan Wajib Pajak badan dalam melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya, kecuali kepada Wajib Pajak penanaman modal asing, Bentuk Usaha Tetap, dan Wajib Pajak yang berdomisili di negara yang mempunyai persetujuan penghindaran pajak berganda dengan Indonesia.
  3. Sertifikat Konsultan Pajak tingkat C, yaitu Sertifikat Konsultan Pajak yang menunjukkan tingkat keahlian untuk memberikan jasa di bidang perpajakan kepada Wajib Pajak orang pribadi dan Wajib Pajak badan dalam melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya.

Memperoleh Ijin Praktek

Izin Praktik adalah Izin Praktik Konsultan Pajak yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pajak atau pejabat yang ditunjuk.

Untuk memperoleh Izin Praktik, Konsultan Pajak harus menyampaikan permohonan secara tertulis kepada Direktur Jenderal Pajak disertai dengan dokumen sebagai berikut:

  1. daftar riwayat hidup/pengalaman kerja dan riwayat pendidikan;
  2. fotokopi Sertifikat Konsultan Pajak yang telah dilegalisasi oleh Panitia Penyelenggara Sertifikasi Konsultan Pajak; (usia sertifikat maksimal 2 tahun)
  3. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI);
  4. pas foto terakhir berwarna dan berlatar belakang putih ukuran 2×3 cm sebanyak 3 (tiga) lembar;
  5. fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP);
  6. fotokopi kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP);
  7. surat pernyataan tidak terikat dengan pekerjaan atau jabatan pada Pemerintah/Negara dan/atau Badan Usaha Milik Negara/Daerah;
  8. fotokopi surat keputusan keanggotaan Asosiasi Konsultan Pajak yang telah dilegalisasi oleh Ketua Umum Asosiasi Konsultan Pajak; dan
  9. surat pernyataan yang berisi komitmen untuk melaksanakan peraturan perundang-undangan perpajakan dengan sebaik-baiknya dan sebenar-benarnya.

Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak (USKP) adalah ujian sertifikasi untuk jenjang profesi konsultan pajak. Sertifikat USKP menjadi pra-syarat untuk mendapat ijin praktek sebagai konsultan pajak. Secara teori, yang dimaksud dengan USKP (Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak) adalah ujian yang diselenggarakan oleh IKPI (Ikatan Konsultan Pajak Indonesia) untuk memeroleh Sertifikat Konsultan Pajak. Sedangkan Sertifikat Konsultan Pajak adalah sertifikat yang menunjukkan tingkat keahlian seorang Konsultan Pajak dalam memberikan jasa profesional di bidang perpajakan itu sendiri, yang diperoleh setelah Anda lulus Ujian Sertifikat Konsultan Pajak.

Berkiprah sebagai konsultan pajak adalah salah satu peluang karir yang yang tersedia di dunia perpajakan di Indonesia yang cukup menarik. Namun menjadi seorang konsultan pajak bukan hal yang mudah. Pemahaman akan peraturan perpajakan, kemampuan dalam berkomunikasi yang baik, dan memiliki jaringan yang luas merupakan bekal utama untuk menjadi konsultan pajak. Namun hal-hal tersebut pun tidak berarti apa-apa jika kita belum lulus USKP.

Persiapan Kantor

Siapkan peralatan kerja seperti telepon, laptop serta software yang berhubungan dengan perpajakan atau akuntansi.

Pemasangan Tarif Jasa

Pasang tarif flat per tugas yang Anda kerjakan dengan sistem range yaitu tergantung besar kecilnya perusahaan yang dilayani. Sebagai contoh, untuk perusahaan tetapkan tarif Rp 600.000 sampai Rp 1 juta. Sementara itu untuk orang yang memiliki usaha kecil-kecilan tetapkan Rp 350.000 sampai Rp700.000.

 




KUNCI SUKSES MENJALANKAN JASA KONSULTAN PAJAK

Telah Mengikuti Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak (USKP)

Syarat utama untuk menjadi seorang konsultan pajak yang diakui oleh Pemerintah Indonesia adalah telah lulus Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak (USKP) dan mendapatkan izin untuk berpraktek sebagai konsultan pajak di wilayah Indonesia.

Berikan Jasa Konsultan Pajak secara Profesional

Menjadi seorang konsultan pajak haruslah profesional. Memiliki kemampuan teknis perpajakan yang memadai dan didukung dengan integritas yang tinggi dan menjunjung kode etik sebagai konsultan pajak.

Konsultan harus mampu menjalankan tugas yang diberikan oleh klien

Tugas utama  konsultan adalah memberikan pelayanan kepada klien untuk mampu memecahkan masalah, kebutuhan dan tantangan yang sedang dihadapi oleh klien.

Konsultan bekerja dengan tenggat waktu yang telah ditentukan

Jangan membiasakan menunda pelaksanaan pekerjaan. Begitu tugas-tugas telah dipahami, segera rencanakan dan laksanakan kegiatan kegiatan lanjutan yang mengarah kepada pemecahan persoalan.

Konsultan harus memiliki keterampilan teknis

Tugas-tugas konsultan terkait dengan pengumpulan data, analisis, dan memberikan rekomendasi. Konsultan harus memiliki penguasaan terhadap ketrampilan teknis dalam pengumpulan data, analisis, dan memberikan rekomendasi.

Konsultan harus memiliki keterampilan Komunikasi

Penguasaan terhadap ketrampilan teknis  itu penting, tetapi sebagai seorang konsultan ada yang lebih penting, yaitu keterampilan mengkomunikasikan pelaksanaan tugas.

Konsultan harus mempunyai sikap yang baik, diantaranya adalah menjaga hubungan baik dengan klien

Yang harus dijaga dalam berhubungan baik dengan klien adalah sikap saling percaya atau trust. Apabila sikap saling percaya sudah terbentuk, maka langkah-langkah selanjutnya dalam pelaksanaan tugas akan sangat mudah dilakukan.

Konsultan harus mampu menyimpan dan menjaga informasi dari setiap tugas yang dilaksanakan

Semua data dan informasi yang diperoleh sepenuhnya adalah hak klien.  Data dan informasi mengenai klien adalah rahasia, bukan untuk konsumsi publik, melainkan hanya untuk konsumsi konsultan semata untuk kepentingan analisis pemecahan solusi dan rekomendasi. Konsultan harus memiliki profesionalisme untuk menjaga semua informasi mengenai kliennya. Apabila  konsultan ingin memberikan informasi kepada publik, maka harus seizin klien tersebut.

Konsultan harus mampu menjaga reputasi dan kredibilitas tim konsultan di mata klien

Salah satu hal yang harus dihindari adalah beda pendapat dan berdebat, apalagi bertengkar, di depan klien, meskipun ada anggota tim yang berbuat salah. Setiap perbedaan harus diselesaikan dalam rapat internal tim konsultan.

Konsultan adalah pekerja yang mengandalkan pengetahuan (knowledge worker)

Konsultan harus senantiasa meng up to date pengetahuan dan keterampilan di bidangnya. Konsultan harus memiliki kemampuan untuk belajar secara mandiri dan terus menerus.

Bekerjasama dengan konsultan hukum

Khusus dalam membuat kontrak kerja pertama sebaiknya gunakan jasa konsultan hukum untuk menghindari penggunaan kata-kata ambigu yang dapat menyebabkan salah penafsiran.

 




SUMBER

Konsultan Pajak: Apa Saja Jasa, Layanan serta Bagaimana Perhitungan Tarifnya

http://pengisipaypal.blogspot.co.id/2016/11/peluang-usaha-jasa-konsultan-pajak.html

USKP Review 2018

http://syafrianto.blogspot.co.id/2011/06/tips-sukses-menjadi-konsultan-pajak.html

https://www.bernas.id/18048-8-tips-berkarir-menjadi-konsultan.html

https://media.neliti.com/media/publications/171763-ID-optimalisasi-unit-produksi-akuntansi-unt.pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *